Tragedi Kecemplung di Sumur

 


Kalau Nabi Yusuf pernah nyemplung atau lebih tepatnya dicemplungin ke sumur saya juga dulu pernah nyemplung sumur, ha ha ha ha. Melalui wasilah nyemplung ke sumur Nabi Yusuf akhirnya bisa masuk istana Mesir hingga akhirnya menjadi salah satu pejabat di kerajaan tersebut. Ceritanya dulu semasa kecil lagi bantu - bantu orangtua mencuci piring, ember dan peralatan dapur lainnya.

Jangan bayangkan mencuci zaman dulu dengan sekarang sama ya. Kalau sekarang sudah lebih enak, dimanjakan karena semuanya cukup puter kran air pun langsung kita dapatkan. Tapi waktu saya kecil mencuci itu ya harus ke sumur dan sumurnya itu besar serta dalam karena tinggi.

Ya, maklum saya lahir dan besa di kampung yang jauh dari kota tepatnya di Desa Malanggah, Kecamatan Tunjungteja, Kabupaten Serang. Situasi Tunjungteja sekarang dengan tempo dulu jelas berbeda jauh.

Kembali ke cerita nyemplung ke sumur. Jadi pas nyuci piring dan lainnya saya dan kakak saya bercanda. Namanya juga anak - anak, apalagi anak kampung dan hidup sebelum ada gadget maka hiburannya ya cuma becanda dengan teman dan saudara.

Nah, ketika lagi asyik becanda terjadilah tragedi nyemplung sumur itu. Jadi saya lari dari jarak sekian dari sumur, nah ketika sampai di depan sumur yang hanya bejarak beberapa langkah saya tidak bisa ngerem maka terjadilah tragedi nyemplung sumur itu.

Namanya kecemplung di sumur yang dalam, otomatis kaka dan orangtua panik sembari langsung melakukan berbagai upaya menolong saya agar bisa diangkat. Sama, saya yang kecemplung juga panik dan deg degan.

Alhamdulillah, akhirnya selamat karena bisa diangkat dengan tali karet sumur. Saya dari bawah memegang kuat - kuat karet panjang itu sementara kakak saya menarik dari atas. Sesampai di atas semua bersyukur dan diiringi gelak tawa bersama.

Dari peristiwa ini saya pun belajar bahwa tidak selamanya kita injek gas terus tanpa menyiapkan rem dan melihat segala kemungkinan yang membahayakan di depan. Benar - benar kenangan masa lalu yang tidak bisa lupakan sampai kapan pun.

Pelajaran kedua, kalau melihat kesabaran Nabi Yusuf saat dicemplungin ke sumur luar biasa. Dia tetap bertaubat dan tidak menaruh dendam sedikit pun kepada saudara - saudaranya yang membuat petaka itu.

Pelajaran ketiga, kita mesti sabar dengan proses. Terkadang proses itu pahit dan penuh perjuangan tapi di ujung ada kenikmatan. Dan asal tahu saja, kenikmatan yang didapatkan melalui proses dan perjuangan akan terasa lebih nikmat ketimbang lempeng aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar