Jambu Batu, Oleh - Oleh dari Kyai Abuya Muhtadi

 


Seperti halnya orang lain, ketika belum silaturahim secara khusus ke kyai kharismatik rasanya ada yang kurang. Sebenarnya ketemu dengan Abuya Muhtadi sih sering dalam berbagai acara, baik yang diselenggarakan oleh Pemprov Banten, Pemkab Serang maupun masyarakat umum. Namun entah kenapa hari itu saya ingin bersilaturahim dengan Abuya Muhtadi.

Karena saya mendengar sedang ada pembangunan salah satu tempat yang sering ia datangi di Kecamatan Baros maka saya kontak salah seorang ulama di Baros, kapan kira - kira Abuya Muhtadi datang ke Baros atau ke tempat yang sedang direhab itu.

Setelah mendapat kabar akhirnya saya pun berangkat dihari yang dijanjikan ke Baros untuk bertemu dengan Abuya Muhtadi. Saya berangkat dari Dalung, rumah saya sekira jam 05.30 WIB. 

Kami meluncur ke lokasi dimana Abuya Muhtadi akan datang. Setelah melakukan perjalanan kurang lebih 15 menit saya akhirnya sampai dan bertemu dengan Abuya Muhtadi. Karena kebetulan bukan acara resmi maka suasana pun sepi, artinya tidak seramai ketika ada acara peringatan.

Singkat cerita, saya dan beliau ngobrol berbagai hal dan tak disangka sebelumnya Abuya Muhtadi mengeluarkan filosofi dan memberikan saya julukan Jambu Batu. Terus terang saya awalnya tidak paham maksudnya.

Belakangan saya baru mengerti tentang makna itu untuk diri saya. Seperti yang diungkapkan KH Abdul Hamid bahwa jambu batu itu kuat batangnya, daunnya bisa untuk obat mencret dan buahnya juga bisa untuk obat. "Jadi bermanfaat semua, itulah mengapa Abuya Muhtadi memberikan julukan Jambu Batu kepada Fahmi Hakim. 

Dalam kesempatan itu pula saya memberikan bantuan paving block untuk tempat itu. Awalnya Abuya meminta tagihan paving block itu tapi saya tidak mau karena memang niatnya ikut mendapatkan pahala dan amal saya. 

Disini hebatnya seorang kyai, tembus pandang melihat seseorang. Asal tahu saja, saya itu baru kali pertama bertemu khusus dengan beliau tapi Abuya Muhtadi seperti sudah mengenal karakter saya sampai kemudian menyimpulkan saya seperti Jambu Batu.**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar