Memaknai Persahabatan



Dari Ulang Tahun Ke-43 [Bagian-2]
Memaknai Arti Persahabatan

Selama berteman, bersahabat pasti ada kekhilafan,  baik sengaja ataupun tidak saya sampaikan permohonan maaf.


Malam itu (Minggu,10 Juli 2022) saya memberikan sambutan sangat singkat di depan para sahabat. Karena malam itu memang saya ingin mendengar cerita dari para sahabat yang hadir.

Tentang kenangan, cerita masa lalu hingga akhirnya bisa menjadi seperti sekarang ini. Tentu saja ada yang lucu, heroik, menegangkan dan menjengkelkan, semua emosi menjadi satu.

Malam itu saya ingin menjadi pendengar dan mereka yang bercerita. Malam itu sebagian dari mereka hadir di Dalung Keputren. Ada  Pak Bahrul Ulum, Ketua DPRD Kabupaten Serang yang juga memiliki sejarah dengan saya. Ada penggalan history hidup saya bersama beliau.

Ada juga Pak Deden Apriandhi, Sekretaris DPRD Provinsi Banten yang juga punya cerita bersama saya. Lalu ada KH. Hudori Yusuf, Ketua MUI Kabupaten Serang dan juga ada sepenggal sejarah hidup saya bersama beliau, terutama soal pengalaman mengaji.

Dan ada Abah Elang Mangkubumi juga ada sejarah hidup bersama beliau. Dan yang tidak pernah tertinggal sahabat saya Abdul Basit yang malam itu memandu acara serta para sahabat lainnya.

Dan tentu saja istri saya Hj.Munawaroh, yang juga punya sejarah dengan saya karena dia juga hadir bersama saya layaknya sahabat.

Mulai dari proses kenalan, pedekate, menikah hingga sampai sekarang menemani saya dalam suka maupun duka. Melalui kesempatan ini saya ingin sampaikan bahwa sebagai manusia biasa saya tidak sempurna. 

Selama berteman, bersahabat pasti ada kekhilafan,  baik sengaja ataupun tidak saya sampaikan permohonan maaf.

Yang pasti, kehadiran para sahabat baik yang datang langsung ke rumah maupun memberikan ucapan melalui sosial media saya ingin sampaikan ucapan terima kasih.

Dan di sini ingin saya sampaikan bahwa sahabat bukan sekadar teman, lebih dalam dari sekadar kawan. Sahabat itu bisa merasakan apa yang kita rasakan tanpa harus kita sampaikan karena ada ikatan batin yang tersambung melalui rasa dan perasaan.

Terima kasih para sahabat yang sudah mendoakan saya dan keluarga agar selalu mendapat keberkahan, maghfiroh, kesabaran, ketenangan dalam setiap detik, jam, hari dan tahun agar bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat.

Salam,
Fahmi Hakim
__________________
Bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar